Say What Do You Feel Now!!!

Minggu, 30 September 2012

patah cokelat


PATAH COKLAT
Bodo amat dah..


            Hai, pecinta cokelat! Siapa sih yang gak suka sama yang manis-manis dan bentuknya persegi panjang?! Semua orang pasti suka tuh. Suatu kebohongan, kalau kamu belum pernah sedikit pun mencicipi kelezatan cokelat. Kenalin nih, kami dari Three Girls Love Chocolates. Namaku Nay dan dua temanku, Rizka dan Mutia. Kami adalah tiga orang sahabat setia pecinta cokelat. Apapun bentuknya kalau rasa cokelat, pasti akan kita santap. Gak akan ketinggalan sedikit pun berita tentang cokelat. Kalian pasti mengira kalau gigi kami sudah gak bersinar lagi kan?! Salah tau! Walaupun kami senang makan cokelat, gigi tetap putih bersinar. Sampai-sampai dapat penghargaan dari guru biologi, karena bisa menjaga kebersihan gigi dari kegemaran makan cokelat. Hal yang paling ditakutkan jika giginya rusak karena keseringan makan cokelat.
            Jadwal kita bertiga untuk hari minggu adalah hunting cokelat untuk persediaan. Belum lagi tambahan dari Mama dan Papa. Suka kena marah juga sih. Tapi, segala sesuatu kan butuh perjuangan untuk mendapatkan apa yang kita mau, meski sampai kena marah. Cie ilah, gaya loe ngomong, Nay. Selangit! Nggak papalah, Mut. Ja-im dikit. Tapi, emang bener si. Haha..
            “Mama! Papa!” teriakan manja dari tiga gadis terdengar sederet rumah di komplek perumahan Beauty Rose.
            “Apa sih, Nay? Jangan teriak-teriakan donk. Malu sama tetangga.”
“Iya. Ini tuh udah malem. Malu-maluin aja! Udah segede ini, manjanya gak ilang-ilang.” Timpal Papa. Jadi malu juga.
“Aduh, Mama, Papa. Jangan mengalihkan pembicaraan deh. Emang kalian lupa apa, jadwal hari ini? Mana cokelat Nay, Ma, Pa?” menadahkan tangan halus yang tidak pernah menyetuh piring kotor atau sapu sekali pun.
“Itu disana. Sampai kapan kamu mau makan cokelat terus-terusan?” sambil mengarahkan ibu jari dengan kuku panjang berwarna pink.
“Makasih, Ma, Pa. Aku juga gak tau sampai kapan mau makan cokelat. Haha.. cokelat, I love you.” Mencium cokelat pemberian orang tuanya sambil naik tangga.
“Aduh..”
“Makanya, lihatin cokelatnya nanti. Naik dulu. Baru diajak ngomong tuh cokelat.” Sindir seorang ibu yang sabar teramat-amat sabar.
“Huuuh..”

Di teras kamar..
            “Hallo. Mutia! Rizka! Mana? Udah dapet belum dari bonyok loe?” saling teriak berhadapan di teras kamarnya. Di terpa angin malam, memamerkan persediaan cokelatnya.
            “Nih.” Memperlihatkan puluhan bungkus cokelat mereka. Memamerkan rasa cokelat satu sama lain.
            “Bokap gue, beliin gue cokelat Godiva. Enak banget.”
            “Minta donk, Riz!”
“Enak aja. Nggak!”
“Tukeran deh.”
“Nggak. Sekali gue bilang nggak, ya nggak.”
“Loe satu gue dua?”
“Mm.. boleh deh.” Ah. Sok jual mahal deh. Akhirnya mau juga ditukar.

Tiba-tiba..
“Woy! Berisik loe. Udah malem masih teriak-teriakan aja!” gertakan yang membuat ketiganya masuk ke kamar masing-masing. Menutup jendela dan pintu, serta merapatkan gorden.

Di sekolah..
            “Eh, kemarin siapa sih yang marah-marah gak jelas?”
“Mana gue tau, Riz.”
“Bener banget tuh. Marah-marah gak jelas. Emang kita salah apa sama dia?”
“Emangnya kalian ngapain?” Tanya Siska teman dekat kami yang gak begitu suka sama cokelat.
“Kita lagi di teras kamar. Ngasih tau cokelat yang kita dapat dari bonyok kitalah. Eh, ada orang marah-marah. Pake bentak-bentak segala lagi. Emak Bapak gue aja gak marah. Gimana kita gak kesal. Iya nggak, Riz, Mut?”
“Itu sih, emang salah kalian. Kalian udah gila apa?! Malem-malem ngobrol jarak jauh. Pasti ganggu tidur orang tuh. Wajar aja kalau dia marah sama kalian.”
“Tega loe, ya, Sis. Ngatain temen loe sendiri.” Memberhentikan sejenak kegiatan makan cokelatnya.
“Nggak gitu juga si. Maksudnya, ada waktu buat kasih tau cokelat yang kalian punya. Bukan malam-malam gitu.”
“Ngomong soal malem. Malem nanti gue ada acara nih sama pujaan hati.” Pipinya merah. Tatapannya keatas. Membayangkan sesuatu yang indah.
“Mau nge-date sama siapa loe, Riz?”
“Ada deh.”
“Biarin aja, dia gak kasih tau kita, nanti kalau udah patah hati baru mau cerita. Resek loe, Riz.”
“Hush! Kalo ngomong sembarang loe ya, Nay. Sebagai sahabat gue, do’ain yang baik-baik kek. Ini do’ain patah hati. Gimana sih?! Tapi, tenang aja, gue gak bakalan patah hati. Soalnya, dia tuh baik banget sama gue. Dia gak mungkin nyakitin gue. Malahan, dia yang semangatin gue untuk terus makan cokelat.”
“Hari gini, gak bakalan patah hati? Nanti juga kemakan omongannya sendiri.”
“Biarin aja. Asal ada cokelat, gue gak bakal patah hati.”
“Terserah loe aja deh, Riz.” Mengggigit cokelatnya sedikit demi sedikit.

Jam 20.00..
            “Pake baju yang mana nih gue? Pilihin donk.”
            “Ini.” Mengambil baju dari lemarinya.
            “Norak.”
            “Yang ini?” menunjukkan lagi.
            “Kampungan.”
            “Yaudah pilih senidiri deh.” Melemparkan baju dari tangannya.
            “Eits, jangan marah, girls. Oke-oke yang ini, ya. Not bad. Thanks, ya. Udah milihin.” Sambil berputar di depan kaca rias.
            “Iya. Semoga kencan loe lancar.”
            “Makasih, ya, girls.
            “Three girls?”
            “Love chocholates.’
            “Gue cabut dulu.” Keluar rumah menaiki mobil berwarna biru. Lumayan keren.
            “Semoga gak kecewa deh.” Dari dalam pagar memberi do’a bagi si sobat.

Di tempat kencan..
            “Kamu suka banget makan cokelat, ya?”
            “Mm..mm” menjawab sambil makan makanan kesayangannya. Keasyikan makan sampai gak sadar ada sisa cokelat di pipi.
            “Eh, itu ada cokelat di pipi kamu.”
            “Oh. Iya. Makasih.” Mengelap pipinya.
            “Makanya, jangan suka makan cokelat terus donk. Cokelat tuh bisa bikin gigi rusak sekaligus gendut. Emang kamu mau apa gendut? Aku sih gak mau. Pokoknya kalau kamu gendut, aku langsung putusin kamu tanpa mikir-mikir lagi.”
            “Kok loe tega banget si sama gue? Mungkin sekarang gue belum gendut, ya. Tapi, nanti. Kurang ajar loe, ya. Dasar brengsek.” Terdengar suara kecil dari gesekan antara pipi dengan telapak tangan. Rizka langsung pergi meninggalkan Adit. Sambil menangis dan mengangkat gaun warna pinknya. Pipinya merah, bedaknya luntur. Berhenti sejenak kelelahan berjalan. Di pinggiran taman, di terpa angin malam, di sinari remang lampu jalanan, gadis itu menangis kecewa. Ternyata apa yang para sohibnya bilang, kini terjadi.
            “Kenapa gue gak dengerin apa kata temen-temen gue?! Gue benci Adit. Gue benci loe, Adit. Ih.. gue benci cokelat. Adit brengsek. Loe yang semangatin gue untuk makan cokelat, tapi loe juga yang bakalan ninggalin gue kalau gue gendut gara-gara makan cokelat. Maksud loe apa sih? Gue benci loe! Adit! Gue benci loe. Gue benci cokelat. Gue bakalan tunjukin kalau gue bisa berhenti makan cokelat.” Teriak dalam tangis karena seorang laki-laki. Mematahkan makanan kesayangannya menjadi bagian-bagian kecil yang mulai lumer. Melanjutkan langkahnya menuju rumah. Langkah-langkah kecilnya mengantarkan sampai kedepan hadapan para sahabatnya yang sedang menunggu kabar.
            “Gimana? Lho, kok loe lemes begini sih?”
            “Loe bener. Adit brengsek. Gue benci.” Merusakkan susunan miniatur dari bungkusan cokelat persediannya.
            “Eh, sayang cokelatnya. Sini buat gue aja.”
            “Gila loe, ya, Mut. Rizka lagi patah hati gini, loe malah sibuk sama cokelat.”
            “Maaf, maaf. Jangan sedih donk, Riz.”
            “Gak sedih gimana? Adit bilang dia bakal ninggalin gue, kalau gue gendut gara-gara makan cokelat. Padahal dia yang semangatin gue untuk makan cokelat. Tapi, dia juga yang ninggalin gue. Adit brengsek.”
            “Udah-udah, Riz. Loe juga sih. Kenapa loe gak percaya sam kita? Gue sama Muti udah tau si Adit jauh sebelum loe kenal dia. Tapi, loe malah gak percaya sama kita berdua.”
            “Aaaaaaa. Gue benci cokelat. Gue benci Adit.”
            “Jangan nangis lagi donk. Kasian mata loe. Besok kan kita masih masuk sekolah. Nanti kalau ditanya, loe mau jawab apa. Mendingan loe tidur, ya. Jangan dipikirin lagi.” Membaringkan temannya. Menyelimutinya.
            “Besok gue jemput kayak biasa, ya.”
            Rizka hanya bisa mengangguk dan menggeleng setiap diajak ngomong. Akhirnya, patah hati juga tuh anak. Gak percaya si, sama yang kita bilang. Ya gak, Mut?Iya aja dah gua mah. Ah loe. Tapi, gue, gak nyangka juga sih. Karena Alvi, teman kita bisa kayak dulu lagi. Kita jadi bisa hunting cokelat lagi setelah beberapa minggu ini sempat off. Loe kira online apa off?! Komentar aja si dari tadi. Bantuin gue kek. Sini gue bantu. Rizka ketemu sama Alvi waktu dia lagi nganterin temen gue yang bawel ini nih, Nay beli cokelat. Alvi nanya tentang Rizka.
            “Rizka kok tumben gak beli?”
            “Dia benci sama cokelat semenjak putus sama Adit.”
            “Kurang ajar si Adit.”
            “Udah beberapa minggu ini, dia jadi diam kayak gini. Gue sama Nay bingung mau ngapain.”
            “Tenang, ini urusan gue.” Laki-laki yang bisa dibilang care sama sobat kita, langsung nyamperin Rizka.
            “Riz, jangan sedih terus donk. Jangan gara-gara si Adit, loe jadi gak mau makan cokelat lagi. Gue kasih tau, ya. Orang yang suka makan cokelat tuh awet muda, panjang umur. Jadi jangan berhenti makan cokelat. Cokelat juga bisa bikin perasaan kita jadi tenang lho.”
            “Gue benci Adit.” Mematahkan cokelatnya sambil menatap wajah Alvi.
            “Eh, jangan dipatahin donk.”
            “Kenapa?” gadis itu mulai terpancing untuk kembali seperti sedia kala.
            “Kalau loe benci sama cokelat, berarti loe setuju sama kata-katanya si Adit. Loe harus lawan. Terus makan cokelat. Gue gak ngelarang loe kok. Gue juga gak akan ninggalin loe, kalau loe sering makan cokelat.”
            “Jadi, gue harus apa?”
            “Terus makan cokelat.”
            “Thanks ya.”
            “Yoi.” Tersenyum sejenak, namun tercengang melihat apa yang dilakukan Rizka.
            “Mba, minta semua jenis cokelat yang ada disini. Cepet, ya.”
            “Riz, buat apa?”
            “Lihat aja. Makasih, mba.”
Berjalan menemui Adit..
            “Adit! Gue gak mau karena loe, gue jadi berhenti makan cokelat. Di depan loe juga gue bakal makan cokelat ini. Biar puas.”
            “Riz. Jangan gila deh. Ini banyak banget.”
            “Biarin. Loe kan yang bilang, kalau loe gak akan ngelarang gue makan cokelat.”
            “Tapi, gak gini caranya. Ini banyak banget. Bahaya juga.” Sambil mematahkan semua cokelat yang ada.
            “Al, gue juga nggak segila itu kali. Gue gak mungkin kuat ngabisin cokelat sebanyak ini. Biarin aja, gue ikhlas kalau harus patah hati. Tapi, gue gak ikhlas kalau harus patah cokelat yang gue punya. Jahat loe. Matahin cokelat-cokelat gue.” Pergi meninggalkan Alvi, Mutia dan Nay.
            “Maaf, Riz. Gue gak tahu.” Dengan nada rendah dan menyesal, menundukkan kepalanya.
            “Yaudalah. Yang penting gue tahu, kalau loe peduli sama gue, Al.” berbalik arah.
“Gue gak akan biarin loe patah hati lagi.”
            “Bodo amat dah. Yang penting, gue gak mau lagi patah cokelat.”
            “Hahaha..” kami semua tertawa mendengarnya. Rasa sakit hati Rizka hilang karena cokelat yang dibawakan Alvi. Senang juga lihat dia bisa tertawa lagi. Haha.. Patah hati, patah cokelat. Rizka..Rizka.. gue kira yang paling gila cokelat tuh si, Nay. Taunya Rizka. Ah, Muti… Hahaha…..



S E L E S A I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar